Pengembangan Persuteraan

 Rabu, 06 Juli 2022  Ekonomi 373  3 Tanggapan
SHARE

Sengkang dan Sutera adalah sesuatu yang identik. Sengkang sendiri merupakan ibukota Kabupaten Wajo. Bukan hanya di Sengkang, tradisi persuteraan di Kabupaten Wajo sudah lama terbentuk dan menyebar ke beberapa kecamatan. Sutera Sengkang, begitulah sebutannya, telah menjadi produk industri rumah tangga dan merupakan salah satu ikon kebanggaan daerah.

Lalu bagaimana sebaiknya pengembangan persuteraan di Wajo?

Materi diskusi yang ditawarkan oleh Bapak Andi Azis Abdullah ini menjadi pemantik diskusi kita kali ini, untuk bersama-sama mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan dalam pengembangan persuteraan di Kabupaten Wajo.

(*)

Bagaimana Tanggapan Anda?

Email dan No. HP Anda tidak akan ditampilkan. *) Wajib diisi

3 Tanggapan

user image

Nn 11 Jul 2022 at 08:42:33 Menurut pendapat kami untuk pengembangan persuteraan di Kab. Wajo ada beberapa hal yang perlu mendapat pehatian khusus antara lain: Dari sektor hulu perlu adanya 1. Analisa usaha tani budidaya ulat sutera dengan perbandingan usaha tani komoditi pertanian lain yg dilakukan oleh masyarakat/petani dan berupaya memberikan edukasi kpd masyarakat agar berminat dlm budidaya ulat sutera 2. Keterlibatan pemerintah, pengusaha/swasta dan masyakat 3. Peningkatan SDM dengan prioritas kaum milenial dalam pengembangan persuteraan 4. Mengupayakan pemutusan rantai penyebaran penyakit dan virus pada lokasi pemeliharaan ulat sutera pada lokasi/lahan sebelumnya 5. Memaksimalkan sumberdaya yg telah ada dg kerjasama pemerintah, swasta dan masyarakat 6. Jaminan harga dari pemerintah utk hasil produksi 7. Asosiasi persuteraan diharapkan dapat menjadi pioneer utk membimbing para pelaku usaha budidaya ulat sutera Dari sektor hilir 1. Edukasi kpd pelaku usaha utk mengembakan ide baru dalam menghasilkan produk yg dpt dipasarkan di pasar lokal, nasional maupun internasional 2. Bahan baku benang sutera tersedia secata berkesinambungan 3. Peningkatan keterampilan (SDM) para pelaku usaha 4. Adanya jaminan kuaiitas produk 5. Mengupayakan bisa mendapatkan legalitas produk unggulan sutera sengkang melalui Kemenkum HAM 6. Pemerintah diharapkan agar menjadi fasilitator para pelaku usaha utk menyatukan persepsi dan pendapat dari para pelaku 7. Ada jaminan atau ketatapan harga dari pemerintah utk produk sutera sengkang yg menjadi acuan bagi para pelaku usaha

user image

Admin2 Bappelitbangda 13 Jul 2022 at 09:19:00 Terima kasih atas tanggapan Bapak

Balas Tanggapan

Email dan No. HP Anda tidak akan ditampilkan. *) Wajib diisi

user image

wr 14 Jul 2023 at 08:06:32 https://www.ksi-indonesia.org/assets/uploads/original/2021/09/ksi-1630564503.pdf

Balas Tanggapan

Email dan No. HP Anda tidak akan ditampilkan. *) Wajib diisi

user image

wr 14 Jul 2023 at 08:06:57 https://www.ksi-indonesia.org/assets/uploads/original/2021/09/ksi-1630564503.pdf

Balas Tanggapan

Email dan No. HP Anda tidak akan ditampilkan. *) Wajib diisi